Pemkab Tangerang Kembali Raih Penghargaan Paritrana Award Tingkat Provinsi Banten

Serang, lensafokus.id -- Pemerintah Kabupaten Tangerang kembali meraih penghargaan Paritrana Award tingkat Provinsi Banten. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony yang diberikan oleh Plh. Sekda Provinsi Banten Virgojanti di Hotel Aston Serang. Jumat, (21/6/24).

Di sela-sela acara tersebut Pj Andi Ony mengungkapkan rasa syukurnya ucapkan rasa syukurnya karena kembali meraih penghargaan jaminan sosial ketenagakerjaan Paritrana Award Tingkat Propinsi Banten tahun 2023.

"Syukur alhamdulillah, kita bisa kembali meraih juara 1 penghargaan Paritrana Award tingkat Provinsi Banten. Semoga keberhasilan ini semakin memacu semua pihak untuk terus berkolaborasi meningkatkan cakupan perlindungan bagi para pekerja rentang di Kabupaten Tangerang," ungkap Pj Andi Ony

Lanjut dia, keberhasilan Pemkab Tangerang mendapatkan penghargaan Paritrana Award tersebut karena Pemkab Tangerang dinilai berhasil meningkatkan cakupan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, penyediaan fasilitas dan kebijakan yang mendukung, serta kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memastikan perlindungan yang optimal bagi tenaga kerja di Kabupaten Tangerang

"Penghargaan ini menjadi bukti nyata dari komitmen Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk bergotong royong bersama seluruh pihak dalam meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan mendukung implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan di Indonesia," jelasnya

Dia menambahkan bahwa tahun 2023, Pemkab Tangerang telah berhasil melindungi sebanyak 129.520 pekerja rentang atau sekitar 67,27% dari total coverage aktif bukan penerima upah seperti petani, nelayan, peternak, kuli bangunan, pedagang, pemulung, pembantu rumah tangga dan pekerja sektor keagamaan.

"116 ribu orang dibiayai APBD dan sisanya sekitar 13.520 orang dibiayai dengan APB desa, dimana setiap desa itu mengupayakan minimal bisa mengcover 50 orang pekerja rentan dari APB desanya," ujarnya.

Dia juga berharap penghargaan yang kembali diraih tersebut bisa meningkatkan motivasi dan kolaborasi banyak pihak, bukan hanya pemerintah dan pihak swasta saja tetapi juga masyarakat yang mampu juga terpanggil untuk membantu memberikan perlindungan jaminan sosial kepada sesama yang benar-benar membutuhkan.

"Harapannya dengan penghargaan ini, kita bersama bisa terus termotivasi dan berkolaborasi untuk meningkatkan kesejahteraan, dan juga meningkatkan cakupan jaminan perlindungan kepada masyarakat yang membutuhkan," tuturnya

Paritrana Award adalah penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada daerah yang telah menunjukkan komitmen tinggi dalam pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Penghargaan ini bertujuan untuk mendorong pemerintah daerah, perusahaan, dan masyarakat dalam meningkatkan perlindungan bagi tenaga kerja melalui program-program jaminan sosial.
(red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top