Lurah Kuta Jaya Tampilkan Layanan Pengaduan Kasus

Tangerang, lensafokus.id -- Lurah Kuta Jaya, Kecamatan Pasar Kemis, Achmad Subagja, menampilkan inovasi unggulannya pada verifikasi lampangan Lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Tangerang, Selasa (29/05/2024).

Inovasi tersebut di antaranya ialah program Layanan Pengaduan Kasus Ketentraman dan Ketertiban Umum dan Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Digital (PAK SIGIT).

"Layanan Pengaduan Kasus Ketentraman dan Ketertiban Umum ini merupakan sebuah layanan pengaduan warga yang dimana dapat dengan mudah melaporkan kasus-kasus ketentraman dan ketertiban umum secara online. Ini mempercepat tanggapan dan penanganan terhadap masalah-masalah tersebut, meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, PAK SIGIT merupakan sistem pelayanan administrasi kependudukan berbasis digital yang memungkinkan masyarakat untuk mengurus berbagai macam dokumen kependudukan secara online. Layanan yang tersedia dalam PAK SIGIT antara lain pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), akta kelahiran, dan akta kematian.

Ia menjelaskan, kedua inovasi tersebut diluncurkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan Kelurahan Kuta Jaya yang aman, nyaman, dan tertib.

"Inovasi tersebut merupakan bukti komitmen kami untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Rahyuni menyampaikan, Kelurahan Kuta Jaya termasuk pada nominasi tiga besar pada lomba Kelurahan tingkat Kabupaten Tangerang. Pada nominasi tiga besar tim penilai lomba melakukan verifikasi dan peninjauan lapangan.

"Pada tahapan verifikasi ini, kami selaku tim penilai melalukan konfirmasi dan melihat langsung ke lapangan untuk menyesuaikan pemaparan yang dijelaskan oleh pak lurah. Semoga melalui kegiatan ini bisa menjadi penyemangat untuk lebih meningkatkan pelayanan publik serta menjadi contoh untuk kelurahan yang lainnya," ucapnya. (Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top