Festival Seni Multatuli “Jelajah Budaya Bumi Multatuli” akan hadir kembali mewarnai Karisma Event Nusantara 2024

Lebak, lensafokus.id – Untuk mengusung keunikan Kabupaten Lebak dan memperkenalkan wisata seni, sejarah, dan budaya Kabupaten Lebak, Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyelenggarakan event Festival Seni Multatuli 2024 bertema “Jelajah Budaya Bumi Multatuli”. Karisma Event Nusantara adalah kumpulan event-event berkualitas dari 38 provinsi di Indonesia yang akan menjadi strategi kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Pemerintah Daerah melalui penyelenggaraan kegiatan yang berkualitas.

KEN 2024 adalah upaya Kemenparekraf dalam membangkitkan geliat event daerah dengan mempromosikan destinasi wisata, meningkatkan kunjungan wisata, dan memberdayakan potensi lokal. Festival Seni Multatuli adalah salah satu festival terbesar di Provinsi Banten, yang telah berlangsung sejak tahun 2018 di kota Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten. Dalam setiap penyelenggaraannya, FSM mengusung narasi kemanusiaan sebagaimana nilai dan semangat yang terkandung dalam novel Max Havelaar karya Multatuli. “Tugas manusia adalah menjadi manusia,” demikian tulis Multatuli.

Bersamaan dengan itu, FSM juga mengetengahkan nilai-nilai luhur dari khasanah kebudayaan lokal yang terpresentasi dalam berbagai bentuk ekspresi dan estetika, seperti kesenian tradisional dan pengetahuan lokal. Sebab sebuah narasi bukan hanya dapat dibaca secara struktural, melainkan juga mesti didekati secara kultural. Maka, FSM memposisikan khasanah kebudayaan daerah sebagai titik pijak dalam merancang dan menggelar berbagai programnya, baik dalam bentuk pertunjukan, penciptaan, maupun pengkajian.

Event ini akan didukung juga oleh beberapa acara pendukung yaitu Telusur jejak multatuli, Karnaval Kerbau, Parade Kostum Etnik, Talkshow Budaya, Pagelaran Musik, Pameran Ekonomi Kreatif dan masih banyak lagi kegiatan pendukung lainnya.

Event ini akan dilaksanakan 4 (empat) hari dimulai 13-16 September 2024 berlokasi di Alunalun Rangkasbitung, Provinsi banten. Beberapa langkah promosi juga sudah dilaksanakan oleh Disbudpar Lebak, seperti Media Online, Media Offline, dan berkolaborasi dengan para MUA nasional nantinya untuk mendukung kegiatan Parade Kostum Etnik, dengan penggiat kebudayaan, serta akun official dari beberapa pemerintah pusat terkait untuk mendatangkan wisatawan atau pengunjung ke event nasional ini. Event ini menargetkan sekitar 25.000 pengunjung, namun tetap ada Crowd Control Event dengan berkoordinasi dengan Instansi lainnya. (Cecep)

Rate this item
(0 votes)
Go to top