Tangerang Pesisir Festival, Ajang Promosi Pariwisata Kab. Tangerang

Tangerang, lensafokus.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menggelar Tangerang Pesisir Festival sebagai bagian dari rangkaian perayaan Hari Jadi ke-392 Kabupaten Tangerang. Kawasan terselenggaranya festival perdana tersebut berlokasi di Pantai Tanjung Pasir, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya, dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Tangerang, Ratih Rahmawati menyampaikan, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan potensi pariwisata, budaya, serta meningkatkan sektor ekonomi kreatif masyarakat setempat. Dengan harapan festival ini mampu menjadi daya tarik wisata tahunan.

"Kita bersama-sama di Tanjung Pasir melaksanakan kegiatan Tangerang Pesisir Festival yang baru pertama kali diadakan di Kabupaten Tangerang. Salah satu tujuannya adalah mempromosikan pariwisata di Kabupaten Tangerang, serta mendorong kebudayaan dan sektor ekonomi kreatif warga setempat," ungkap dia, Sabtu (5/10/2024).

Adapun sejumlah kegiatan dalam festival ini meliputi lomba hias/lukis perahu, lomba miniatur kapal, lomba memancing, dan balap perahu mesin. Ratih juga menambahkan bahwa Disporabudpar berharap acara ini menjadi agenda tahunan untuk menarik lebih banyak wisatawan ke Kabupaten Tangerang.

"Kami ingin festival ini tidak hanya tentang pariwisata, tetapi juga rencana adanya kegiatan olahraga seperti senam bersama, agar masyarakat nelayan bisa hidup sehat," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Desa Tanjung Pasir, Arun turut menyatakan apresiasinya terhadap antusiasme warga yang tinggi dalam festival ini.

"Alhamdulillah, warga sangat antusias dengan adanya Festival Pesisir. Kami sudah melaksanakan lomba balap perahu dan lomba hias perahu yang belum pernah kita lakukan sebelumnya, paling dulu perahu dayung, tapi sekarang mesin. Alhamdulillah, respon warga sangat positif dan terima kasih atas terselenggaranya acara ini," terangnya.

Ia juga berharap agar festival ini dapat dilaksanakan setiap tahun, sehingga semakin meriah dan mendatangkan manfaat yang lebih besar. "Harapan saya ke depan, kegiatan di pesisir pantai ini dapat terus ditingkatkan dan diperbaiki kekurangannya, mungkin dengan menambah perlombaan lainnya," tutupnya. (Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top