Puskesmas Jambe Lakukan Sweeping Imunisasi Ke Sekolah se Kecamatan Jambe

TANGERANG, lensafokus.id -- Puskesmas Jambe, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang melakukan Sweeping Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahap dua serta melaksanakan BIAS (Bulan Imunisasi Anak Sekolah) di seluruh SD/ SDLB/MI sederajad se-Kecamatan Jambe, imunisasi yang diberikan Measles Rubella (MR) untuk mencegah penyakit campak rubela dan imunisasi Human Papillomavirus (HPV) untuk mencegah kanker serviks.

Pemberian imunisasi bagi para anak usia SD/SDLB/MI sederajat merupakan komitmen pemerintah khususnya Kementerian Kesehatan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Kepala Puskesmas Jambe, drg. Ch Handar Mujati mengatakan, pihaknya melakukan sweeping PIN polio di sekolah MI Miftahulhuda Salimah Sukamanah, Desa Sukamanah, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang, pada Senin, (19/08/2024).

“Kami melanjutkan tahap dua imunisasi PIN polio serta memberikan imunisasi Measles Rubella (MR) dan Human Papillomavirus (HPV). Imunisasi MR tersebut kami berikan kepada anak kelas 1, imunisasi HPV untuk siswa putri kelas 5 dan 6,” ujarnya.

Dia menjelaskan, Imunisasi adalah pemberian vaksin (virus yang dilemahkan) ke dalam tubuh seseorang untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit tertentu, ini diberikan mulai dari lahir sampai awal masa kanak-kanak.

“Imunisasi yang telah diperoleh pada waktu bayi belum cukup untuk melindungi diri dari aneka penyakit maka imunisasi ulangan perlu diberikan kembali sampai usia anak sekolah,” ujarnya.

Dia berharap, untuk anak-anak terbebas dari polio dan penyakit yg lain, seperti campak rubella dan mencegah untuk terkena kanker serviks.

Sementara itu, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Matlaulhuda Salimah, Suherti mengucapkan terimakasih banyak kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang terutama pihak Puskesmas Jambe yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Mudah-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan, karena memang kegiatan ini sangat di butuhkan oleh anak-anak, semoga dengan anak-anak diberikan imunisasi kedepannya mereka bisa sehat,” ucapnya. (Asp)

Rate this item
(0 votes)
Go to top