Anggaran Bankeu 4,5 Miliyar, Pemkab Lebak akan Melanjutkan Pembangunan Pasar PKL

Lebak, lensafokus.id -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan melanjutkan pembangunan Pasar PKL Kandang sapi Kecamatan Rangkasbitung.

Tahun ini, Pasar PKL Kandang sapi dianggarkan Rp 4,5 milar melalui Bankeu (Bantuan Keungan) dari Pemerintah Provinsi Banten.

Sebelumnya, tahun 2023, Kementerian Perdagangan merevitalisasi Pasar PKL Kandang sapi untuk memindahkan 800 pedagang subuh yang mangkal di sekitar Ruas jalan Pasar Rangkasbitung.

“Tahun 2024 ini akan kita lanjutkan pembangunan. Kalau akhir tahun selesai, nanti baru kita putuskan rencana relokasi. Jadi tahun ini belum kita relokasi. Karena proses pembangunan tahap duanya sekarang sedang berjalan perencanaan,” kata Kepala Bidang Perdagangan Yani diruang kerjanya, Senin, (7/10/ 2024).

IMG 20241008 WA0024

Yani mengatakan, Pasar PKL Kandang sapi belum akan dimanfaatkan untuk aktivitas berjualan mengingat sarana dan prasarananya belum memungkinkan.

“Pembangunan itu kan bertahap yang sekarang tahap awal hanya mampu menampung 183 pedagang dan tahap duanya bertambah menjadi 630 pedagang .kata yani

Dia mengatakan, pembangunan tahap dua Pasar PKL Kandang sapi ditarget selesai akhir tahun 2024. Meskipun, selesai akhir tahun 2024, Pasar PKL Kandang sapi belum akan dioperasikan.

“Nanti kita akan diskusikan degan teman-teman pedagang kenapa harus pindah. Kalau semua sarpras di Kandang sapi sudah memadai semua. Untuk relokasi pedagang kita nunggu arahan dari pimpinan, yang penting bangunan sarpras nya kita penuhi sesuai dengan kebutuhan pedagang subuh,” katanya.

Tahun 2024 ini ada pembangunan (Pasar PKL Kandang sapi) tahap berikutnya supaya bisa mengakomodir jumlah PKL yang ada. Anggarannya sekira Rp 4,5 miliar yang berasal dari Bankeu. Karena Pasar PKL Kandang sapi yang sekarang hanya mampu menampung sekira 183 pedagang saja,” tutur Yani. (Cecep)

Rate this item
(1 Vote)
Go to top