Kinerja OPD dalam Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Dapat Apresiasi dan Penilaian

TANGERANG, lensafokus.id -- Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony mengapresiasi seluruh jajaran perangkat daerah atas kinerja dan kerja kerasnya dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah pada semester pertama 2024. Hal itu disampaikan saat membuka acara Rapat Evaluasi Kinerja Pengelolaan Keuangan Semester Pertama Tahun 2024 di Lingkup Pemerintah Kabupaten Tangerang, Hotel Novotel, Rabu (28/8/24).

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras selama semester pertama ini. Saya berharap semangat dan komitmen yang telah kita bangun dapat terus ditingkatkan untuk mencapai target dan tujuan yang telah kita tetapkan," ucap Andi Ony.

Dalam sambutannya, dia mengatakan Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) adalah salah satu aspek yang sangat krusial dalam tata kelola pemerintahan. BMD tidak hanya sekadar aset fisik, tetapi juga mencerminkan bagaimana pemerintah daerah mengelola sumber daya yang dimilikinya untuk kepentingan masyarakat.

"Kita harus memperkuat manajemen aset daerah sehingga setiap program dan kegiatan yang kita laksanakan dapat berjalan dengan optimal dan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,"ungkap Andi Ony.

Lanjut dia, setiap OPD harus mampu menyusun strategi yang tepat dan menjalankannya dengan penuh tanggung jawab. Dengan demikian, dapat meminimalisir risiko kehilangan aset daerah, mengoptimalkan pemanfaatannya, serta memastikan bahwa setiap rupiah yang kita belanjakan memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Tangerang.

Persentase realisasi APBD Semester Pertama Tahun 2024 untuk pendapatan daerah sebesar 54,03% dan belanja daerah sebesar 44,60%. Sedangkan sampai dengan 26 Agustus 2024, pendapatan daerah terealisasi sebesar 64,28% dan belanja daerah sebesar 56,80%.

"Saya juga ingin mengapresiasi seluruh jajaran yang telah bekerja keras dalam pengelolaan keuangan dan aset daerah, karena Kabupaten Tangerang masuk dalam 10 besar Kabupaten dengan realisasi anggaran tertinggi yang disampaikan Kementerian Dalam Negeri belum lama ini," ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Soma Atmaja menyampaikan kegiatan evaluasi pengelolaan keuangan bertujuan untuk membahas realisasi anggaran, pengelolaan barang milik daerah, mengidentifikasi permasalahan dan mendiskusikan solusi atas permasalahan, mengevaluasi kualitas output dan manfaat hasil pembangunan, yang selanjutnya hasil evaluasi tersebut akan menjadi rencana aksi untuk meningkatkan kinerja perangkat daerah dalam pengelolaan keuangan.

"Di momen ini juga kita bahas kinerja pengelolaan keuangan seluruh perangkat daerah pada Pemerintah Kabupaten Tangerang terutama dalam hal serapan anggaran sampai dengan tanggal 27 Agustus 2024 dan tata kelola BMD oleh SKPD," katanya.

Dalam rangkaian acara rapat koordinasi evaluasi kinerja pengelolaan keuangan daerah semester pertama tahun 2024, terdapat pemberian penghargaan kepada perangkat daerah terbaik dalam pengelolaan keuangan yang dibagi dalam 3 (tiga) klaster yaitu pertama Perangkat Daerah meliputi (Badan/Dinas/Sekretariat/ Satuan/Rumah Sakit Umum) kedua Kecamatan dan ketiga BLUD Puskesmas, Labkesda dan UPTD Pengelola .

Berikut ini adalah daftar penghargaan yang penghargaan yang didapatkan sesuai kategori sebagai berikut :

Kategori Kinerja Penyusunan Anggaran
- Dinas Pemuda,Olahraga,Kebudayaan dan Pariwisata.
- Kecamatan Jayanti.
- UPTD Pengelola Dana Bergulir
Kategori Kinerja Penatausahaan Perbendaharaan
- RSUD Kabupaten Tangerang
- Kecamatan Kelapa Dua
- BLUD Puskesmas Sindang Jaya
Kategori Kinerja Pengelolaan Barang Milik Daerah
- Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
- Kecamatan Kemiri
- BLUD Puskesmas Bojong Kamal
Kategori Pelaporan dan Pertanggungjawban Anggaran
- Dinas Komunikasi dan Informatika
- Kecamatan Tigaraksa
- UPTD Pengelola Dana Bergulir
Kategori Pengelolaan Retribusi
- Dinas Tata Ruang dan Bangunan

(red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top