Pj Bupati Bangga Kresek Jadi Kampung Santri

TANGERANG, lensafokus.id -- Penjabat (Pj) Bupati Tangerang Andi Ony menyatakan rasa bangga atas penetapan Kecamatan Kresek sebagai Kampung Santri. Penetapan tersebut ditandai dengan penandatanganan Prasasti Kresek Kampung Santri oleh Wapres Ma'ruf Amin pada acara Gebyar Muharram 1446 H di Aula Syekh Astari Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, Minggu (14/07/2024).

"Merupakan kebahagian dan kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Tangerang, Kresek ditetapkan sebagai Kampung Santri oleh Wakil Presiden, Ma'ruf Amin," ucap Pj Bupati Pj Andi Ony.

Menurut dia, dengan ditetapkannya Kresek sebagai Kampung Santri, hendaknya dapat dijadikan motivasi bagi seluruh masyarakat agar semakin lebih baik dan mampu hijrah, mengedepankan aspek pemikiran, sikap, dan tindakan untuk kepentingan seluruh umat.

"Mari kita syukuri bersama sebagai momentum untuk semakin lebih baik, mampu hijrah mengedepankan pemikiran dan tindakan sebagaimana pesan Wapres tadi," ajaknya.

Dia juga berharap Kresek sebagai Kampung Santri menjadi pusat untuk mencetak para ulama dan santri. Ke depan, mereka menjadi panutan umat sekaligus membentuk generasi penerus bangsa yang agamis dan religius, khususnya di Kabupaten Tangerang.

"Saya berharap Kresek dapat menjadi salah satu pusat untuk mencetak para ulama dan santri yang mampu menjadi panutan umat sekaligus membentuk generasi penerus bangsa yang agamis dan religius, sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Tangerang," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Presiden, Ma'ruf Amin menandaskan seiring perkembangan zaman, peristiwa hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah hendaknya dimaknai sebagai semangat untuk hijrah menuju yang lebih baik, bukan hanya soal pindah secara fisik, melainkan juga soal pemikiran dan tindakan.

"Seiring perkembangan zaman, semangat hijrah menuju yang lebih baik itu, bukan melulu soal pindah secara fisik, melainkan juga soal pemikiran dan tindakan. Hijrah maknawiyah, dalam arti perilaku. Menghijrahkan cara berfikir, bersikap dan bertindak. Hijrah kepada apa yang dituntunkan oleh Allah," ungkap Wapres

Untuk itu, Wapres mengajak semua agar setiap individu berusaha mendekatkan diri kepada Tuhan, dengan terus melakukan perbaikan.

"Buat kita yang penting ada tahwil [pengalihan/perpindahan], besok harus lebih baik dari hari ini," tuturnya.

Wapres bangga tanah kelahirannya ini kini semakin maju dan telah memiliki begitu banyak pesantren.

"Beberapa pesantren yang terdapat di Kecamatan Kresek yaitu Pesantren Al Falah, Pesantren Manba’ul Hikmah, Pesantren Al Hikmah, Pesantren Al Syarif, Pesantren Nasy’atul Falah, Pesantren Nahdlatul Ulum, Pesantren Al Amin. Pesantren-pesantren tersebut memiliki ratusan hingga ribuan santri," ungkapnya

Dia berpesan agar penetapan Kresek menjadi Kampung Santri mampu menjadikan motivasi, agar pesantren-pesantren di Kresek dapat berkontribusi bukan hanya di level kabupaten atau provinsi, tapi juga nasional.

"Saya kira, pernyataan ini harus, dari Kresek untuk Banten, dan untuk Indonesia," pungkasnya.
(Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top