Tingkatkan Mitigasi Konflik Jelang Pilkada, Badan Kesbangpol Gelar Forum Koordinasi Kewaspadaan

TANGERANG,lensafokus.id - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Tangerang menggelar Forum Koordinasi Kewaspadaan Daerah dengan tema “Spesifikasi Kerawanan Dan Mitigasi Menjelang Pilkada” di Hotel Yasmin, Kamis (18/07/2024).

Forum koordinasi kewaspadaan dini merupakan kesempatan yang sangat berharga untuk bersama-sama meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan dalam menghadapi berbagai potensi tantangan dan risiko yang mungkin terjadi di sekitar.

Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Tangerang, Rudi Lesmana mengatakan, Kewaspadaan daerah adalah pondasi yang sangat penting dalam memastikan keamanan di lingkungan masyarakat, karena dengan adanya kesiapsiagaan kita tidak hanya mampu merespons dengan cepat dalam situasi darurat, tetapi juga mampu mencegah terjadinya konflik yang dapat berkembang.

“Acara ini merupakan kesempatan bagi kita untuk secara bersama-sama mengidentifikasi dan mengkaji potensi risiko serta kerawanan yang ada di sekitar lingkungan kita,” tuturnya.

Dia menjelaskan, bahwa upaya kewaspadaan bukanlah tanggung jawab satu pihak, melainkan sebuah kewajiban bersama yang harus kita jaga dan laksanakan.

“Dengan mengidentifikasi kerawanan ini secara lebih baik, kita dapat merumuskan langkah-langkah preventif yang lebih efektif serta strategi yang tepat guna mengurangi dampak negatifnya,” ujarnya.

Dia berharap, melalui acara ini kita dapat memperkuat jaringan komunikasi dan koordinasi baik itu antara anggota Tim Kewaspadaan Dini Daerah Kabupaten Tangerang , pemerintah daerah, pihak FKDM dan berbagai pihak terkait lainnya. (Red)

Rate this item
(0 votes)
Go to top