DPKP Kabupaten Tangerang, Gelar Pangan Murah Serentak Memperingati Hari Pangan Sedunia

Tangerang, lensafokus.id -- Dalam Rangka Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-44 Tahun 2024 yang jatuh pada tanggal 16 Oktober, serta untuk menjaga Stabilitas Pasokan dan Harga Pangan di Kabupaten Tangerang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten melaksanakan kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) Serentak di Seluruh Indonesia,

Gerakan pangan Murah (GPM) serentak tersebut di laksanakan di Lapangan parkir Gedung Usaha Daerah (GUD) Pemkab Tangerang, Rabu, 16 Oktober 2024.

Pelaksanaan GPM serentak ini, DPKP Kabupaten Tangerang mengundang beberapa pihak untuk berkolaborasi dalam pelaksanaan GPM serentak seperti BULOG Cabang Tangerang, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, PT Primafood, Atung Farm, Poktan Karya Jaya, Poktan Sukamukti, UMKM Binaan DPKP Kabupaten Tangerang dan Tim Inflasi.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, Ir Asep Jatnika Sutrisno mengatakan Pelaksanaan GPM atau Gerakan Pangan Murah yang dilaksanakan kali ini merupakan GPM serentak yang dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, dengan tema yang diangkat pada peringatan tahun ini yaitu “Hak Atas Pangan untuk Kehidupan dan Masa Depan yang Lebih Baik”.

“Tujuan GPM ini untuk membantu masyarakat mendapatkan pangan dengan harga yang lebih terjangkau, terutama pangan di bawah harga Pasar seperti beras SPHP, Beras produksi lokal petani binaan atau Poktan, Gula, Minyak Goreng, Telur, dan sayuran seperti Bawang merah, bawang putih dan lainnya,” ujar Asep.

IMG 20241016 WA0049

GPM Serentak merupakan upaya pemerintah dalam memberikan kemudahan aksesibilitas pangan bagi masyarakat untuk memperoleh harga pangan yang terjangkau dan berkualitas. Strategi yang dilakukan dalam GPM yaitu dengan memotong rantai distribusi atau pasokan agar diperoleh harga yang relatif terjangkau dan murah bagi konsumen.

Salah satu peserta GPM sdernatka Kabupaten Tangerang, Tarjoni Ketua Kelompok Tani Karya Jaya Desa Carenang Kecamatan Cisoka Kabupaten Tangerang mengatakan sangat bersyukur dirinya diundang partisipasi peserta GPM Serentak se Indonesia dalam rangka memperingati Hari pangan Sedunia.

“biasanya kami selalu ikut partisipasi kegiatan GPM di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tangerang, prodak yang kami tawarkan berupa Beras lokal Banten, beras yang kami jual hasil panen dari anggota kelompok tani dengan harga dibawa pasar, saya juga mengucapkan terima kasih kepada DPKP, Pak Kabid Munir yang selalu undang kami berpartisipasi di Kegiatan GPM,” kata Tarjoni usai melaksanakan GPM serentak.

Dalam kegiatan ini, DPKP Kabupaten Tangerang memfasilitasi pelaksanaan kegiatan GPM berupa penyediaan tenda, meja dan kursi, transport penjaga stand, konsumsi, dan sarana promosi seperti umbul-umbul, backdrop, baliho, dll.

Adapun daftar harga produk yang dijual : Beras SPHP Uk. 5 Kg = Rp. 55.000, ⁠Telur Ayam = Rp. 24.500/Kg, ⁠Daging Ayam Beku = Rp. 30.000/Ekor, ⁠Minyak Rosebrand 1L = Rp. 17.000, ⁠Gula = Rp. 17.500/Kg dan Aneka Buah dan Sayur, Produk Perikanan, Pangan Olahan, dan lain-lain. (**)

Rate this item
(0 votes)
Go to top